RPP
PAI PENGERTIAN HASAD, RIYA, ANIYAYA DAN DISKRIMINASI
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
: X / Satu
Pertemuan
Ke- :
10
Alokasi
Waktu :
4 x 45 menit
Standar Komp Satandar Kompentensi : (Akhlaq) menghindari prilaku tercela
Kompetensi Dasar :
Kompetensi Dasar
10.1 Menjelaskan
pengertian hasud, riya, aniaya dan
diskriminasi
10.2 Menyebutkan contoh
perilaku hasad, riya, aniaya dan
diskriminasi.
10.3 Menghindari
perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
Indikator
. 1. Mampu menjelaskan pengertian hasud
2. Mampu
menjelaskan pengertian riya.
3. Menjelaskan
pengertian riya.
4. Menjelaskan
pengertian diskriminasi
5. Mampu
menyebutkan contoh perilaku hasad
6. Mampu
menyebutkan contoh perilaku riya
7. Mampu
menyebutkan contoh perilaku aniaya
8. Mampu menyebutkan
contoh perilaku diskriminasi
9. Mampu
menghindari perilaku hasad.
10. Mampu menghindari perilaku riya.
11. Mampu
menghindari perilaku aniaya.
12. Mampu
menghindari perilaku diskriminasi.
13. Mampu berperilaku yang mencerminkan
sikap menghargai hak
orang lain.
I. Tujuan Pembelajar Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang pengertian hasud.
2. Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang pengertian riya.
3. Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang pengertian aniaya.
4. Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang pengertian diskriminasi
5. Siswa dapat mempresentasikan
contoh-contoh perilaku hasad dari hasil
diskusi kelompok.
6. Siswa dapat mempresentasikan
contoh-contoh perilaku riya dari hasil
diskusi kelompok..
7. Siswa dapat mempresentasikan
contoh-contoh perilaku aniaya dari
hasil diskusi kelompok..
8. Siswa dapat mempresentasikan contoh-contoh
perilaku diskriminasi dari hasil diskusi kelompok.
9. Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang cara-cara
menghindari perilaku hasad.
10. Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang cara-cara menghindari perilakuriya.
11. Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang cara-cara Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi kelompok
tentang cara-cara menghindari perilaku diskriminasi.
II. Materi Pokok Pembelajaran :
- Perilaku tercela :
- Pengertian Hasud
- Pengertian Aniaya
- Pengertian riya
- Pengertian Diskriminasi
- Contoh-contoh perilaku tercela :
§ Hasud
§ Riya
§ Aniaya
§ Diskriminasi
- Menghindari Perilaku :
§ Hasud
§ Riya
§ Aniaya
§ Diskriminasi
III. Metode Pembelajaran :
v Ceramah
v Diskusi
v Praktek
v CBSA
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
1. Kegiatan awal
§
Menyiapkan siswa untuk mengawali
dengan berdoa
§
Mengabsensi siswa
§
Mengulas singkat materi pelajaran
yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya
2.
Kegiatan Inti
§
Siswa Mendiskusikan materi yang
dibahas sesuai materi dalam modul/referensi yang disiapkan.
§ Siswa Mempresentasikan hasil diskusi
§
Siswa membuat kesimpulan dari pokok bahasan yang
disampaikan
3.
Kegiatan akhir
§
Memberikan soal-soal evaluasi sesuai
dengan materi pokok yang disampaikan
§
Berdo’a
§
Menutup pembahasan dengan bacaan Al
Hamdulillah
V. Evaluasi :
Soal tertulis
14.
Uraikan secara
singkat dan jelas tentang pengertian :
a.
Hasud
b.
riya.
c.
Aniaya
d.
diskriminasi
15.
Berikan contoh perilaku :
a.
Hasad
b.
Riya
c.
Aniaya
d.
Diskriminasi
Tes Perbuatan/pengamatan
Buatlah satu episode singkat sosiodrama oleh kelompok
tentang:
16.
Menghndari
perilaku hasad ?
17.
Menghndari
perilaku riya.
18.
menghindari
perilaku aniaya.
19.
menghindari
perilaku diskriminasi.
20.
Perilaku yang
mencerminkan sikap menghargai hak orang lain.
Pekalongan, 18 September 2016
Mengetahui,
Kepala Guru Mata Pelajaran,
........................................... ............................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar