menu drop down

Minggu, 04 Desember 2016

RPP menghindari Perilaku Tercela



RPP PAI PENGERTIAN HASAD, RIYA, ANIYAYA DAN DISKRIMINASI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                        : X / Satu
Pertemuan Ke-                        : 10
Alokasi Waktu                        : 4 x 45 menit
Standar Komp                        Satandar Kompentensi            : (Akhlaq) menghindari prilaku tercela


Kompetensi Dasar :
            Kompetensi Dasar
            10.1   Menjelaskan pengertian  hasud, riya, aniaya dan diskriminasi
             10.2 Menyebutkan contoh perilaku  hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
             10.3 Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator :
        Indikator
  .         1.        Mampu menjelaskan pengertian hasud
        2.      Mampu menjelaskan pengertian riya.
        3.      Menjelaskan pengertian riya.
        4.      Menjelaskan pengertian diskriminasi
        5.      Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
        6.      Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
        7.      Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
        8.      Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
        9.      Mampu menghindari perilaku hasad.
        10.  Mampu menghindari perilaku riya.
        11.  Mampu menghindari perilaku aniaya.
        12.  Mampu menghindari perilaku diskriminasi.
        13.  Mampu berperilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain.
I. Tujuan Pembelajar                           Tujuan Pembelajaran              

       1.      Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang pengertian hasud.
       2.      Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang pengertian riya.
       3.      Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang pengertian aniaya.
       4.      Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang pengertian diskriminasi
       5.      Siswa dapat mempresentasikan contoh-contoh perilaku  hasad dari hasil diskusi kelompok.
       6.      Siswa dapat mempresentasikan contoh-contoh perilaku  riya dari hasil diskusi kelompok..
       7.      Siswa dapat mempresentasikan contoh-contoh   perilaku aniaya dari hasil diskusi      kelompok..
       8.      Siswa dapat mempresentasikan contoh-contoh perilaku diskriminasi dari hasil diskusi kelompok.
         9.      Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang cara-cara menghindari perilaku hasad.
       10.  Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang cara-cara menghindari perilakuriya.
       11.  Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang cara-cara Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang cara-cara menghindari perilaku diskriminasi.

II. Materi Pokok Pembelajaran   :
  • Perilaku tercela :
    • Pengertian Hasud
    • Pengertian Aniaya
    • Pengertian riya
    • Pengertian Diskriminasi
  • Contoh-contoh perilaku tercela :
   §  Hasud
   §  Riya
   §  Aniaya
   §  Diskriminasi
  • Menghindari Perilaku :
   §  Hasud
   §  Riya
   §  Aniaya
  §  Diskriminasi

III. Metode Pembelajaran  :
  v  Ceramah
  v  Diskusi
  v  Praktek
  v  CBSA

IV. Langkah-langkah pembelajaran           :
1. Kegiatan awal
  §  Menyiapkan siswa untuk mengawali dengan berdoa
  §  Mengabsensi siswa
  §  Mengulas singkat materi pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya
2. Kegiatan Inti
  §   Siswa Mendiskusikan materi yang dibahas sesuai materi dalam modul/referensi yang disiapkan.
  §   Siswa Mempresentasikan hasil diskusi
  §  Siswa membuat  kesimpulan dari pokok bahasan yang disampaikan
3. Kegiatan akhir
  §  Memberikan soal-soal evaluasi sesuai dengan materi pokok yang disampaikan
  §  Berdo’a
  §  Menutup pembahasan dengan bacaan Al Hamdulillah


V. Evaluasi                 :
Soal tertulis
     14.              Uraikan secara singkat dan jelas tentang pengertian :
       a.       Hasud
       b.      riya.
       c.       Aniaya
       d.      diskriminasi
15.             Berikan  contoh perilaku :
       a.       Hasad
       b.      Riya
       c.       Aniaya
      d.      Diskriminasi

Tes Perbuatan/pengamatan
Buatlah satu episode singkat sosiodrama oleh kelompok tentang:
    16.              Menghndari perilaku hasad ?
    17.              Menghndari perilaku riya.
    18.              menghindari perilaku aniaya.
    19.              menghindari perilaku diskriminasi.
    20.              Perilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain.


Pekalongan, 18 September 2016
Mengetahui,
Kepala                                                             Guru Mata Pelajaran,




...........................................                             ............................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar